Jam Tangan Imoo Z5, 'Mata-mata' Ibu saat Jauh dari Anak

 Jam tangan Imoo Z5. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Tren jam tangan pintar kini mulai menggaet segmen pasar anak-anak. Jam tangan ini disematkan sejumlah fitur seperti panggilan, panggilan video, percakapan, GPS yang bisa melacak keberadaan anak hingga mendokumentasikan video dan foto.

Saat ini, banyak jam tangan pintar khusus anak-anak yang bisa ditemui, yakni Bipbip Watch V.02, Wonlex Q50, Xiaomi Xiaoxun Smartwatch S2, dan uWatch GPS Tracker. Selain merek-merek tersebut, belum lama ini pun perusahaan gadget anak asal China, Imoo mengeluarkan jam tangan pintar beragam jenis.

Jam pintar anak ini dibanderol mulai dari Rp999 ribu sampai Rp3,2 juta. Imoo mengeluarkan tiga varian jam tangan Y1, Z5, dan Z2. Pada varian tertinggi, Imoo Z5 jam tangan bisa menerima panggilan telepon dan video.

CNNIndonesia.com berkesempatan untuk mencoba Imoo Watch Phone Z5. Jam tangan ini menawarkan berbagai fitur seperti panggilan telepon, panggilan video, alarm, stopwatch, dan kamera.

Tampilan

Dari segi desain, Imoo Z5 perusahaan menyediakan dua varian warna yakni biru tua-hijau tosca muda dan ungu-merah muda. CNNIndonesia.com mencoba Imoo Z5 varian biru tua - hijau tosca, dari segi tampilan warna cukup menarik.

Layar jam Imoo Z5 menggunakan bahan AMOLED berukuran 1,4 inci dengan resolusi 320x360 piksel. Warna yang disematkan pada tiap ikon yang ada di dalam jam menggunakan warna cerah. Seperti diketahui Imoo Z5 diklaim dapat digunakan dalam air, CNNIndonesia.com pun mencoba untuk membuktikan hal ini dengan mencelupkan jam ke dalam gelas yang berisi air.

Saat jam dikeluarkan dari gelas, tidak menyisakan banyak air dan jam masih menyala dengan baik. 

JaImoo Z5 ketika dimasukkan ke dalam air. (CNN Indonesia/Dini Nur Asih)
 
Kamera


Beralih ke sisi kamera, Imoo Z5 dilengkapi dengan kamera depan 5 megapiksel dengan bukaan f/2.2. Kamera juga didukung dengan dua filter salah satunya filter kelinci yang sangat disukai oleh anak-anak. Hasil foto yang dihasilkan pun memuaskan, tampilan gambar terlihat natural. Namun, Anda tidak bisa mengirim hasil foto maupun video ke perangkat ponsel.

JaHasil uji coba kamera Imoo Z5 untuk foto selfie. (CNN Indonesia/Dini Nur Asih)

Baterai

Kapasitas daya baterai sebesar 680 mAh. Butuh waktu setidaknya 1 jam 45 menit untuk mengisi baterai hingga 100 persen karena tidak didukung dengan fast charging. Untuk pemakaian dalam satu hari, baterai cukup hemat dari 100 persen hanya menghabiskan daya sebesar 40 persen. Artinya, sisa daya baterai sebesar 60 persen. 


Kekurangan dan Kelebihan
Kekurangan

Meskipun jam tangan pintar Imoo Watch Phone Z5 didukung dengan fitur-fitur yang menarik, sayangnya CNNIndonesia.com mengalami kesulitan untuk menghubungkan jam dengan aplikasi Imoo yang diperuntukkan untuk perangkat ponsel.

Singkat cerita, CNNIndonesia.com hendak memasukkan kartu SIM ke dalam slot kartu untuk dihubungkan ke aplikasi Imoo dan telah memastikan kartu SIM berukuran nano.


Jam Tangan Imoo Z5, 'Mata-mata' Ibu saat Jauh dari AnakPengisian daya baterai. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Namun, CNNIndonesia.com diharuskan untuk membuat akun baru terlebih dahulu. Setelah itu, terdapat pemberitahuan dari aplikasi untuk memindai kode QR yang ada di aplikasi maupun jam. Saat pemindaian sudah dilakukan, muncul notifikasi untuk memasukkan nama pengguna dan menunggu konfirmasi dari admin yakni orangtua yang disematkan di dalam jam tangan.

Namun setelah menunggu beberapa menit bahkan jam, CNNIndonesia.com tidak mendapatkan konfirmasi dari admin orangtua. Padahal jika konfirmasi berhasil, CNNIndonesia.com bisa menjajal fitur panggilan telepon, video, percakapan bahkan fitur GPS. 


Kelebihan
Dari segi tampilan, Imoo Z5 sangat menarik bagi anak-anak apalagi dengan dua varian warna yang disuguhkan yakni biru tua - hijau tosca dan ungu - merah muda. Selain itu jam tangan ini juga sangat ringan sehingga nyaman untuk digunakan.
Beralih ke fotografi, menurut CNNIndonesia.com, hasil foto kamera depan 5 megapiksel cukup memuaskan. Sebab, foto terlihat lebih natural, ditambah lagi dengan dua filter yang ditambahkan membuat anak-anak bakal sering menggunakan fitur kamera itu.

Salah satu kelebihan yang mencolok dari jam tangan ini adalah tahan air. Sehingga sangat aman untuk digunakan ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air.

Spesifikasi
Kesimpulan

Imoo Watch Phone Z5 menawarkan sejumlah fitur menarik yang disukai anak-anak bahkan jam ini bisa digunakan untuk bermain gim. Namun, permainan tidak bisa dijalankan sendiri melainkan harus disambungkan dengan perangkat jam yang sama.

Jika berbicara soal kinerja Imoo Z5, cipset yang digunakan memang tidak tanggung-tanggung. Performa ditenagai prosesor dari Qualcomm yakni Snapdragon Wear 2100. Selain itu dari segi fotografi, menurut CNNIndonesia.com sensor kamera 5 megapiksel sudah cukup memuaskan dengan hasil foto yang terlihat natural.


Di sisi lain, tak dapat dipungkiri pasti muncul pro dan kontra terkait produk jam tangan pintar khusus anak di kalangan orang tua. Kendati demikian menurut CNNIndonesia.com dalam menghadapi inovasi teknologi itu tergantung pada pemikiran tiap orang tua.

Spesifikasi

1. Kamera: 5 megapiksel bukaan f/2.2.
2. Performa: Cipset Qualcomm Snapdragon Wear 2100.
3. Layar: AMOLED berukuran 1,4 inci dengan resolusi 320 x 360 piksel.
4. Fitur: Menolak panggilan dari nomor asing, koneksi WiFi, wallpaper interaktif, short video chat, slot kartu SIM, didukung jaringan 4G LTE, dan App Management.
7. Baterai: 680 mAh.


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190819152141-185-422709/jam-tangan-imoo-z5-mata-mata-ibu-saat-jauh-dari-anak/3



Share:

Recent Posts